Cara Instal Dapodikdas Versi 4 di Windows 7


Dapodikdas versi 4 telah rilis pada 30 Juli 2015, Akhirnya yang ditunggu datang juga :)
Informasi tentang Dapodikdas bisa anda baca di http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/dload/Manual_400.pdf
Panduan lengkap tentang Dapodikdas bisa anda dapatkan di http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/dload/Manual_400.pdf

Pada kesempatan ini saya hanya akan share bagaimana cara saya instal aplikasi Dapodik versi 4. Tidak bermaksud menggurui ataupun apa, saya hanya menampilkan tampilan gambar di laptop saya, eh maksudnya laptop sekolahan saya pada saat proses penginstalan dapodikdas versi 4 ini. Berikut tampilan-tampilannya.

Bissmillah

1. Uninstal Dapodikdas V3. Start --- Control Panel

2. Uninstal Dapodidas V3 Uninstal a program
3. Pilih Dapodikdas 3.0.3 --- Uninstal


4. Saya melakukan restart komputer dahulu
5. Sekarang saatnya memasukan data prefill dapodikdas ke folder prefill_dapodik http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/laman/prefill


6.Pastikan prefiil sudah masuk pada foldernya dan pastikan nama prefill tidak adan nama tambahannya.
7. Karena aplikasi dapodikdas disimpan di server dimasukan ke rar. maka kita ekstrak dahulu. Namun sebenarnya bisa langsung dibuka kemudian instal. Tapi karena saya ingin instal dengan mode run administrarot saya ekstrak dahulu dari file .rar
8. Klik kanan installer dapodikdas400 --- run as administrator
9.Lanjut
10. cek port --- lanjut
11.Setujui kesepakatan --- lanjut
12.Proses installasi dapodikdas, Kecepatan ini tergantung pada spesifikasi komputer dan saya sarankan saat menginstal aplikasi dapodikdas tutup aplikasi lain yang tidak digunakan atau dirasa tidak perlu dijalankan.
13. Proses konfigurasi aplikasi dapodikdas
14. Installasi dapodik selesai. Disini saya tidak akan langsung membuka aplikasi dapodikdas tapi merestar komputer dahulu, maka saya tidak mencentang jalankan dapodikdas --- selesai
15. Restart komputer

16. Saya akan langsung membuka dapodikdas versi 4 menggunakan goole chrome, maka saya buka google chrome dahulu, sekalaian ada yang harus dilakukan pada aplikasi google crome ini. Saya mau menghapus riwayat pada aplikasi ini. Supaya nanti dapodikdas versi4 langung bisa dimuat dengan sepurna.
17. Hapus riwayat crome atau CTRL+H
18. Hapus riwayat penjelajahan
19. Hapus semua riwayat, dan centang semua
20. Buka dapodikdas langsung lewat google chrome dengan mengetikan localhost
21. Registrsi
22. Tunggu... dapodikdas sedang membuat data. Kecepatan ini tergantung pada spesifikasi komputer dan saya sarankan saat menginstal aplikasi dapodikdas tutup aplikasi lain yang tidak digunakan.

 23. Muat ulang tampilan atau refresh (CTRL + F5)
24. Login aplikasi dapodikdas v4

25. Tampilan loading dapodikdas, tampilanya lebih cakep kan?
27. Halaman Depan aplikasi Dapodikdas
28. Isi data periodik sekolah



29.Isi / Pilih Kepala Sekolah pada data PTK yang menjadi kepala sekolah, pada tab Tugas Tambahan
30. Tekan (CTRL+F5), tampilan halaman depan dapodikdas sudah terisi nama kepala sekolah.



Sekian semoga bermanfaat.
Ref:  http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/dload/Manual_400.pdf

Mengambil Tampilan Layar Laptop Disimpan Menjadi Format Gambar

UPDATE:

PERCEPATAN UPDATE DATA MENGGUNAKAN DAPODIK VERSI 401 

Belum ada Komentar untuk "Cara Instal Dapodikdas Versi 4 di Windows 7"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai pendapat Anda...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel