Menunggu Peluncuran Aplikasi Dapodik Versi 4

Apa kabar semuanya...
Menurut informasi yang saya dapatkan bahwa dapodik versi 4 atau yang juga disebut dapodik generasi ke 4 akan dirilis pada tanggal 30 Juli 2015.

Yang saya perhatikan sejak jam ke 00.00 teman-teman Operator Sekolah (OPS) sudah menantikan kehadiran dapodikdas generasi ke 4 (empat) ini. Namun hingga pukul 21.08 WIB belum ada tanda-tanda rilis aplikasi yang diharapkan. Ini menunjukan begitu antusiasnya para Operator Sekolah terhadap tugas merka, walaupun banyak yang sering mengeluh tentang uang saku dan uang pulsa,, hehhe :)
tampilan aplikasi dapodikdas versi 4
Tampilan dapodikdas v4

Aplikasi dapodik v4 merupakan generasi ke 4, yang berarti kita diharuskan menginstal baru aplikasi dapodik. Kita tidak memperbaharui aplikasi menggunakan pacth, tetapi full installer. Yang saya pahami, perbedaannya antara patch dan full instaler sebagai berikut.

Patch Dapodikdas

Pacth dapodik adalah aplikasi kecil yang berguna untuk memperbaiki hal yang eror maupun menambah fitur pada aplikasi dapodik. Ciri-ciri pacth dapodik adalah: nama filenya adalah patch, ukuran file kecil, tidak menghapus aplikasi sebelumnya, perubahan versi tidak terlalu besar, misal dari versi 3.00 menjadi 3.02, dan tidak membutuhkan data prefill. Data prefill dapodik adalah data awal yang digunakan saat pengisntallan dapodik.

Installer Dapodik

Installer dapodik adalah setup aplikasi awal dimana terdapat komponen-komponen aplikasi dapodik secara utuh. Ciri-ciri installer dapodik adalah: nama file biasanya full installer/setup dapodikdas, ukuran file besar, untuk menginstallnya diharuskan menghapus versi aplikasi sebelumnya, perubahan versi bersar, misal dari veri 3.02 versi 4.00, dan membutuhkan data prefill. Dengan setup aplikasi ini biasanya terjadi perubahan yang cukup besar dari aplikasi yang tidak bisa hanya dilakukan menggunakan patch untuk pemutakhiran apikasi.

Sedikit mengulas info sebelum rilis aplikasi dapodik V4 yang dimuat pada website resmi dikdas. "Ini untuk peningkatan performa Dapodikdas, sehingga versi 3.0.3 diubah menjadi 4.0.0" ujar Supriyatno di ruang Dapodikdas, Kemdikbud, Jakarta. Perbedaan dapodikdas ini terdapat pada:

1. Penambahan referensi baru yang meliputi wilayah dan operasional;
2. Pencantuman Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) sekolah pada formulir sekolah.
3. Entry atau update data dapat dilakukan dengan menggunakan lebih dari satu komputer.

Bapak Supriyatno juga menegaskan, "Seiring dengan rilisnya aplikasi dapodik terbaru itu, operator sekolah diwajibkan untuk melakukan update atau penyempurnaan data, baik yang berhubungan dengan siswa, guru, serta sarana dan prasarana".

Sementara itu, Bapak Yusuf Rokhmat, staf Data dan Informasi menambahkan bahwa akan adal halaman aplikasi website yaitu Dapodikdasmen. "Ada metode tambah peserta didik baru secara online melalui Dapodikdasmen, sehingga operator sekolah tidak perlu input ulang siswa kelas 7 (SMP)", ujarnya.

Hmm.. tak tersa sudah pukul 22.00 WIB, tetapi aplikasi Dapodikdas v4 belum muncul juga. Sebagai operator sekolah, tentunya tidak perlu meluaapkan energinya. Kita tunggu saja dan sambil menunggu kita bisa persiapkan hal-hal yang berhubungan dengan dapodikdas v4 ini. Sekian dan terima kasih, semoga selalu dicurahkan nikmat sehat.

Ref: http://dikdas.kemdikbud.go.id/index.php/30-juli-dapodikas-versi-4-0-0-rilis/

Belum ada Komentar untuk "Menunggu Peluncuran Aplikasi Dapodik Versi 4"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai pendapat Anda...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel