Kitab Syifaul Jinan (Hidayatusshibyan) - Pendahuluan
10 November 2014
Tulis Komentar
Kalau di pondok, munkin pernah mengaji ini. Dan untuk menghafalkannya dengan cara di lagukan. Lagunya menurut saya bagus, dan bisa membuat mudah untuk mengigatnya. Berikut adalah postingan tentang kitab Syifaul Jinan yang saya dapatkan dari http://herryflawless.blogspot.com/2013/08/syifaul-jinan-hidayatusshibyan.html
Bukan
untuk apa-apa, cuma ingin mengkaji ulang saja apa yang saya pernah
pelajari di masa kecil di musholla dekat rumah. Semoga bermanfaat dan
mohon maaf apabila dalam penerjemahannya terdapat kesalahan atau
kekeliruan.
Kitab Syifaul Jinan
Pengarang: Ahmad Muthahhir Ibn Abdurrahman
أَلْحَمْدُ لِلهِ وَصَلَّى
رَبُّنَا # عَلَى النَّبِيِّ الْمُصْطَفَى حَبِيْبِنَا
وَ آلِهِ وَصَحْبِه وَمَنْ قَرَا
# وَهَاكَ فِى التَّجْوِيْدِ نَظْمًا
حُرِّرَا
Tegese:
Kabeh puji iku kagungane Gusti Allah kang Maha Agung lan muga-muga tambahi
kawelasan serta kaagungan tetepa kanjeng nabi Muhammad SAW. sing pinileh
kekasih kita uga lumebera ingatase kaluargane, shahabate, lan kabeh wong kang
maca Qur’an kang apik-apik. Ewadene kuwi becik ngajia ilmu Tajwid (Tajweed) nadzoman kang
wis dibersiake.
“Segala
puji bagi Allah yang Maha Agung dan semoga kemuliaan dan kebesaran tetap
tercurah kepada nabi Muhammad SAW kekasih kita, juga para keluarganya,
sahabatnya, serta semua orang yang membaca al-Qur’an dengan baik. Dan di dalam
ilmu Tajwid (Tajweed) ini terdapat nadzoman yang sudah diselaraskan”
سَمَيْتُهُ هِدَايَةَ
الصِّبْيَانِ # أَرْجُو إِلهِى غَايَةَ الرِّضْوَانِ
Tegese:
Nadzoman iki tak jenengi “Hidayatasshibyan” maknane nuduhake ing bocah-bocah.
Olihku ngarang kanti ngarep-ngarep banget ing katoe ridhone Gusti Allah.
“Nadzoman
ini dinamakan ‘Hidayatusshibyan’ sebagai pedoman untuk anak-anak. Dan
mengharapkan sekali keridhoan Allah.”
بَابُ أَحْكَامِ
التَّنْوِيْنِ وَالنُّوْنِ السَّاكِنَةِ
Kang
aran tanwin iku nun mati kang manggon ana ing akhire isim kang katon nalika
diucapake lan ilang nalika ditulis lan nalika pinuju wakof, kaya lafadz: سَمِيْعٌ عَلِيْمْ, سَمِيْعًا بَصِيْرَا. Dene nun sakinah iku
nun mati kang tetep nalika kaucapake lan nalika katulis lan nalika wakof, pada
uga manggon ana ing huruf, kaya lafadz: عَنْ, utawa ing isim kaya
lafadz: أَنْهَارْ, utawa ing fi’il kaya lafadz: صُنْ.
“Yang
namanya tanwin adalah nun mati yang terletak di akhir isim yang terlihat ketika
diucapkan dan hilang ketika ditulis dan ketika waqof, seperti lafadz: سَمِيْعٌ عَلِيمْ, سَمِيْعًا بَصِيْرَا. Sedangkan nun sakinah
ialah nun mati yang tetap ketika diucap dan ditulis dan ketika waqof, sama juga
terdapat pada huruf, seperti lafadz: عَنْ; atau pada isim,
seperti lafadz: أَنْهَارْ; atau pada fi’il, seperti lafadz: صُنْ.”
أَحْكَامُ تَنْوِيْنٍ وَنُوْنٍ
تَسْكُنُ # عِنْدَ الْهِجَاءِ خَمْسَةٌ تُبَيَّنُ
Tegese:
Hukum-hukume tanwin lan nun mati nalika ketemu salah sijine huruf Hijaiyyah wolulikur
iya iku: hamzah ((أ, ba(ب)
, ta(ت) , tsa(ث)
, jim(ج) , ha(ح)
, kha(خ) , dal(د)
, dzal(ذ) ,
ra(ر) , za(ز)
, sin(س) , syin(ش)
, shad(ص) ,
dhadh(ض) , tha(ط)
, zho(ظ) , ‘ain(ع)
, ghain(غ) ,
fa(ف) , qaf(ق)
, kaf(ك) , lam(ل)
, mim(م) , nun(ن)
, wawu(و) ,
ha(هـ) , ya(ي)
. Iku ana lima sing bakal katerangake kabeh ing ngisor iki –
Insya Allah.
“Hukum-hukum
tanwin dan nun mati ketika bertemu dengan salah satu huruf Hijaiyyah yang
duapuluh delapan, yaitu: hamzah ((أ, ba(ب)
, ta(ت) , tsa(ث)
, jim(ج) , ha(ح)
, kha(خ) , dal(د)
, dzal(ذ) ,
ra(ر) , za(ز)
, sin(س) , syin(ش)
, shad(ص) ,
dhadh(ض) , tha(ط)
, zho(ظ) , ‘ain(ع)
, ghain(غ) ,
fa(ف) , qaf(ق)
, kaf(ك) , lam(ل)
, mim(م) , nun(ن)
, wawu(و) ,
ha(هـ) , ya(ي)
. itu ada lima yang akan diterangkan di bawah ini – insya Allah.”
إِظْهَارُ إِدْغَامٌ مَعَ الْغُنَّةِ
أَوْ #
بِغَيْرِهَا وَالْقَلْبَ وَالْإِخْفَا رَوَوْا
Tegese:
Rupane lima mau ya iku: 1. Izhhar إِظْهَارْ (ngetoake saban-saban
huruf sangka makhraje tanpa brengengeng), 2. Idgham ma’al ghunnah إِدْغَامْ مَعَ الْغُنَّهْ (manjingake huruf awal
maring huruf kaping pindo sakira dadi huruf siji kang ditasydidi sarana
brengengeng), 3. Idgham bighairil ghunnah إِدْغَامْ بِغَيْرِ الْغُنَّهْ (idgham tanpa
brengengeng), 4. Iqlab إِقْلَابْ (angganti tanwin lan nun mati ing mim), 5. Ikhfa إِخْفَاءْ (nyamarake wacan
antarane Izhhar lan Idgham tanpa tasydid sarana brengengeng).
Ket:
Ghunnah (brengengeng) ya iku suara ina kang metu sangka janur irung.
“Macam-macam
hukum lima tersebut, yaitu: 1. Izhhar إِظْهَارْ
(mengeluarkan/menyuarakan tiap-tiap huruf yang makhrajnya dengan tanpa
berdengung), 2. Idgham ma’al ghunnah إِدْغَامْ مَعَ الْغُنَّهْ (memasukkan huruf awal
pada huruf kedua agar menjadi satu suara yang seolah bertasydid dengan
berdengung), 3. Idgham bighairil ghunnah إِدْغَامْ بِغَيْرِ الْغُنَّهْ (Idgham dengan tanpa
berdengung), 4. Iqlab إِقْلَابْ (mengganti tanwin dan nun mati pada bunyi mim), 5. Ikhfa إِخْفَاءْ (menyamarkan bacaan
antara Izhhar dan Idgham tanpa tasydid dengan cara berdengung).
Ket:
Ghunnah (berdengung) yaitu suara yang keluar dari hidung.http://islamizona.blogspot.co.id/
Belum ada Komentar untuk "Kitab Syifaul Jinan (Hidayatusshibyan) - Pendahuluan "
Posting Komentar