Aplikasi RKAS Dikdasmen Kemdikbud

Pada bulan Oktober Tahun 2018 di grup2 operator sudah banyak yang share tetang aplikasi RKAS yang beralamat url http://rkas.dikdasmen.kemdikbud.go.id
Namun ketika saya coba buka, belum ada aplikasi ataupun panduan yang bisa di unduh. Saat di buka websitenya juga masih sulit dan berisi sedikit info RKAS dan link menuju web dapodik.

RKAS merupakan singkatan dari Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah.



Berdasarkan Permendiknas No. 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan, setiap sekolah pada semua jenjang pendidikan, termasuk SMP, harus menyusun Rencana Kerja Sekolah (RKS) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS).

RKAS adalah dokumen yang berisi rencana program pengembangan sekolah satu tahun ke depan yang disusun berdasarkan RKS untuk mengatasi kesenjangan yang ada antara kenyataan dengan yang diharapkan menuju terpenuhinya SNP.

Setiap sekolah/madrasah harus terus melakukan upaya peningkatan mutu pendidikan. Sekolah/madrasah harus berupaya memenuhi SPM, kemudian secara bertahap mengarah kepada SNP bahkan kalau bisa menuju standar di atas SNP. Untuk itu perlu dibangun “budaya mutu” yaitu adanya kesadaran dan komitmen bersama dari stakeholder sekolah/madrasah untuk senantiasa berusaha meningkatkan mutu. Upaya tersebut perlu dirumuskan dan dituangkan dalam RKS/M, Rencana Kerja Tahunan (RKT), dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah/Madrasah (RKAS/M).


Program peningkatan mutu secara berkelanjutan harus dimulai dengan evaluasi diri sekolah/ madrasah, kemudian menganalisis kesenjangan, menyusun program dan kegiatan serta menuangkannya ke dalam RKS/M, RKT, dan RKAS/M.

Selengkapnya https://deuniv.blogspot.com/2015/03/pengenalan-snp-spm-dan-spmp-dalam.html

Kembali Ke Aplikasi, semoga jika sekolah harus mengisi atau menggunakan aplikasi rkas kemdikbud ini dapat benar-benar bermanfaat. Sehingga aplikasi tidak hanya menambah beban kerja dan project anggaran belaka namun bisa efektif dan efisien sehingga mutu pendidikan meningkat.


------------
update

DOWNLOAD PANDUAN APLIKASI RKAS

panduan app rkas https://sites.google.com/site/foldertassd/wa/Buku%20Panduam%20RKAS.pdf

video instal aplikasi memerlukan kode aktivasi yang bisa didapatkan di Dinas Pendidikan


------
update....

https://www.tasadmin.id/2019/08/aplikasi-e-rkas-bos-kemdikbud.html

Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

Belum ada Komentar untuk "Aplikasi RKAS Dikdasmen Kemdikbud"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai pendapat Anda...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel