Format Buku Induk Siswa Kurilum 2013 ?

Diposting oleh: singgih

Pada postingan ini tentang buku induk siswa kurikulum 2013.Namun tidak dengan download format atupun aplikasi. Saat postingan ini dibuat saya masih bingung tentang bagaimana mengisi buku induk, sedangkan sudah ada kelas yang menggunakan kurikulum 2013. Seperti yang kita ketahui bahwa pada kurikuum 2013 atau K13 format nilainya banyak ada nilai angka, predikat dan deskripsi. Pertanyaanya

format buku induk siswa kurikulum 2013

1. Bagaimanya cara memasukan data prestasi atau nilai raport k13 pada buku induk ?
2. Apakah harus ada format buku Induk Baru ? Adakah format baku yang diatur di juknis?
3. Lalu jika ada format buku induk baru berarti ada 2 buku induk bagi siswa yang menggunakan Kurikulum 2006 atau populer dengan sebutan KTSP dan Kurikulum 2013 K13

hehehe saya juga bingung..

Okey,

Buku Induk Siswa bersumber dari buku Keputusan Bersama Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudyaan. dam Dorektur Jendar pemerinthanan umum dan otonomi daeraj departemen dalam negeri nomor: 15a/C/Kep/TU/97 nomor 422-208 Tanggal 3 Maret 1997 tentang Pedoman Administrasi Sekolah Dasar, dimasukan atau di klasifikasi sebgai format S-4. Kalau sekarang gak tau apakah ada Buku Pedoman Administrasi Sekolah yang lebih baru? adanya: Buku Panduan Tenaga Administrasi Sekolah Tahun 2017 (download)

Format S-4 (Buku Induk Siswa)

Data pribadi siswa perlu dituangkan dalam Buku Induk Siswa (Format S-4). Buku ini berisi data mengenai identitas siswa, latar belakang orang tua/wali, dan perkembangan siswa selama di sekolah.

Kegunaan Buku Induk Siswa

Buku Induk Siswa berisisikan data pribadi, perkembangan pendidkan dari siswa yang pernah atau sedang menjad siswa di sekolah itu. Hal ini penting sekali, apabila suatu saat nani seseorang ingin menelusuri masa hidupnya ke belakang, maka ia dengan mudah mendapatkan sebagian dari otobiografinya di sekolah yang tersimpatn rapi. Adapun data siswa yang dimasukan kedalam buku Induk ini, antara lain:

1. Keterangan siswa yang berupa data pribadi dan sejak anak mulai masuk sekolah.

2. Keterangan orang tua dan wali: data mengenai orang tua kandung perlu dicantumkan, bagi yang tidak menjadi tanggung jawab orang tua kandung, dapat juga dilihat identitas walinya.

3. Perkembangan siswa, disimpan selama menjadi siswa di sekolah, terutama dalam hal pendidkan dan juga sebagian kecil perkembangan keaadaan jasmani.

Buku Induk ini, antara lain, dapat diperbungakan sebagai sumber:
a. Data statis: dari formulir pendaftaran siswa baru
b. Data perkembangan siswa: administrasi sekolah (rapor dan sebagainya)

Petunjuk Pengisian Buku Induk

Sebagian besar dari isian ini bersumber dari formulir pendaftaran siswa baru.
Nomor Induk diisi setelah mendapat nomor induk dari sekolah yang penomorannya sesuai dengan urutan di sekolah.

Penempelan pasfoto, dibuat setipis mungkin dengan membelah kertas foto.


Itulah postingan ini, mungkin ada pembaca yang mau berkomentar di persilahkan,

Semoga ada pembuat kebijakan yang berkenan membuatkan pedoman ataupun juknis tentang hal ini.

Sekian, mudah2an ada manfaatnya


Ref: https://tasadmin.blogspot.com/2016/04/format-adminsitrasi-kesiswaan.html



Deuniv Blog Updated at: 15:14

1 komentar:

Silahkan berkomentar sesuai pendapat Anda...