sering ditanya dan dijawab entry nilai dapodik 2017c

Diposting oleh: masinggih


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Alhamdulillah

Sudah lama saya tidak posting di blog ini tentang dapodik, kali ini saya akan coba posting tentang apa yang sering ditanya dan dijawab pada kegitan entry rapot melalui aplikasi dapodik 2017c.Saat ini masih dalam suasana entry dapodik dimana dalam surat edaran batasnya adalah 31 Mei 2017. Semoga teman-teman OPS tetap semangat dan diberi kesehatan.
pertanyaan seputar dapodik 2017c
faq dapodik 2017c

Sebelum melangkah lebih lanjut ke postingan, bahwa yang saya tulis disini diambil dari berbagai sumber yang menurt saya valid banyak diantaranya dari admin UPT yang telah memberikan sosialisasi dan beberapa diantaranya melalui grup resmi Info Pendataan Ditjen Dikdasmen ( DAPODIKDASMEN ) yang beralamatkan di https://mobile.facebook.com/groups/950104561704954 yang bisa diakses secara publik, namun itu semua juga hanya sebatas pengetahuan saya dalam memahami postingan-postingan yang ada. Untuk itu saya mengajak pembaca untuk ikut memberikan koreksi maupun pendapatnya. Baiklah langsung saja.

1. Saya sudah update dapodik 2017c dan sudah  sinkron, sudah hapus history browser, kemudian juga sudah reload CTRL+ F5  namun belum muncul pilihan login 6 semester (2014/2015 Ganjil, 2014/2015 Genap, 2015/2016 Ganjil, 2015/2016 Genap, 2016/2017  Ganjil, 2016/2017 Genap).
Jawab: Silahkan Instal Ulang Dapodiknya. Langkahnya Uninstal Dahulu. Kemduian Instal lagi dengan cara dari Fresh Installer 2017 --- lanjut instal pacth 2017c ---- kemudian registrasi secara online. Jika sudah terinstal lakukan reload browser (CTRL + F5)

2. Di tempat saya ada siswa yang kelas 4nya tahun pelajaran 2013/2014, sedangkan yang ada hanya dari 2014/2015. Siswa ini adalah siswa yang tinggal kelas di kelas V detailnya sebagai berikut
Kelas 4 ---> 2013/2014
Kelas 5 ---> 2014/2015
Kelas 5 ---> 2015/2016 (mengulang)
Kelas 6 ---> 2016/2017
Jawaban: (blm ada)

3. Pada kelas 4 tahun pelajaran 2014/2015 semester ganjil memberlakukan krikulum 2013. Secara otomatis daftar nilai pada semester ini menggunakan format kurikulum 2013. Apakah nilai yang di entry sesuai format nilai 2013?
Jawaban: (blm ada)

4. Pada kurikulum 2013 format daftar nilai pada dapodik meminta daftar nilai pengetahuan dan keterampilan beserta predikatnya. Sepengetahuan saya nilai predikat adalah nilai yang di peroleh untuk masing-masing Kompetensi Dasar (KD) yang nantinya untuk menentukan nilai deksripsi masing-masing KD dimana pada akhirnya untuk nilai diskripsikan pada raport. Apakah yang predikat yang dimaskud adalah rata-rata dari nilai predikat KD pada mapel?
Oh iya ternyata format rapot penilaian kurikulum 2013 mengalami revisi.
Berikut ini adalah format raport kurikulum 2013 sebelum revisi dimana nilai predikat tidak ada pada raport.

entry nilai raport kurikulum 2013 dapodik
rapot k13 awal

Dan inilah format rapot kurikulum 2013 hasil revisi. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
entry nilai k13 dapodik
raport k13 revisi

Jawaban: (belum ada)

5. Ada mata pelajaran yang tidak ada pembelajaran untuk di maping. Bagaimana cara memunculkannya?
Jawaban: Silahkan login pada tahun ajaran yang dimaskud, kemudian buka pembelajaran silahkan maping pembelajaran tersebut.

6. Siapa yang harus mengentry Nilai?
Jawaban: Dalam panduan jelas bahwa tugas operator adalah melakukan matping mata evaluasi dan maping mata pelajaran dan memastikan masing-masing guru memili akun untuk login entry nilai. Guru Mapellah yang bertanggungjawab untuk mengentri nilai. Namun tentunya jika OPS dan Guru bisa saling bekerjasama masalah entry nilai ini dapat diatasi dengan baik.

7. Jika ada guru mutasi bagaimana cara mengentry nilai?
Jawaban: Entry nilai pada sebuah rombel dapat dilakukan hanya dengan login wali kelas rombel tersebut. Login OPS juga telah dibuat agar bisa mengentry nilai melalui fasilitas eksport import.

8. Bagaimana jika wali kelasnya yang mutasi pindah . Apa boleh menggunakan login wali kelas yang mutasi pindah tugas? Jika dibuatkan login guru wali kelas yang sudah pindah tugas apat tidak berpengaruh terhadap akun PTK tersebut?
Jawaban: Belum Ada.

9. Bagaimana jika ada wali kelas yang mutasi?.
Jawaban: entry nilai dapat dilakukan dengan login operator melalui fasilitas eksport import.

10. Bagaimana jika siswa yang sudah mutasi keluar dan siswa tersebut juga berada pada tingkat kelas 6? Apakah nilai dientry pada sekolah lama?
Jawaban: (belum jelas) Ya,, ini merupakan kewajiban sekolah asal.

11. Siswa yang mutasi tentunya membawa raport, bagaimana Guru/Operator mengetahui nilai siswa tersebut?
Jawaban: Guru kelas pastilah punya arsip daftar nilai, dan Sekolah punya buku Induk, dimana buku induk juga merekam nilai Siswa.

12. Bagaimana mengentrykan nilai pendidikan Agama? Karena ada siswa yang bergama Islam, Kristen, Budha, Hindu, Konghucu yang tentunya akan membuat masing-masing daftar nilai sesui nama mapel agama tersebut.
Jawaban: (Belum Ada)
memasukan nialai agama dapodik 2017c

13. Ditempat kami ada kesalahan OPS pada tahun ajaran sebelumnya dimana ada guru Bukan Induk Agama Non Muslim yang lupa tidak masuk di dapodik. Certinya alasanya karena hanya satu siswa non muslim, jika ada mapel tersebut siswa itulah yang berkunjung ke sekolah Induk guru tersebut. Jadi OPSnya jarang melihat guru tersebut akhirnya lupa tidak di masukan ke dapodik.
Jawaban: (Belum Ada)

14. Bagaimana cara mempercepat entry nilai?
Jawaban: Gunakan Fasilitas Ekspor Import. Atau bisa menggunakan jaringan server client untuk entry langsung pada aplikasi dapodik.


Itulah beberapa hal yang sering ditanya dan dijawab pada aplikasi dapodik versi 2017c. Tulisan ini dapat berubah sewaktu-waktu jika informasi baru sudah di dapatkan.
Semoga jawaban yang belum ada dan belum jelas segera terawabkan.
Mudah-mudahan tim dapodik berkenan membuatkan FAQ Dapodik 2017c dan segera mempublikasikanya.
Semoga apa yang kita kerjakan dapat bermanfaat untuk diri kita pribadi dan orang lain.
Salam satu nusa, satu bangsa, satu bahasa, satu data

Tak lupa saya sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:
Iin, Admin UPT, Admin Dapodik, OPS Grand WS Crew, OPSI, KS, Guru Kls VI, Guru WB, Sababat OPS semuanya, dan semua pihak yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu.& YOU

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh



Deuniv Blog Updated at: 12:44

1 komentar:

Silahkan berkomentar sesuai pendapat Anda...