APLIKASI ALPEKA BOS 2017 11 KOMPONEN BESERTA PANDUAN

Assalamualaikum Wr Wb.

Semoga kita selalu dalam keadaan sehat wal afiat.


Pada kesempatan ini saya akan posting, sekalian buat nambah postingan biar blog kelihatan update,,,, :) disela-sela kesibukan bekerja sebagai operator sekolah hehe.. Langsung saja yang akan saya posting adalah tentang APLIKASI ALPEKA BOS 2017 11 KOMPONEN.

Seperti yang kita tahu bahwa pada juknis dana BOS Tahun 2017, penggunaan dana bos dikelompokan menjadi 11 Komponen yang sebelumnya adalah 13 Komponen. Ada yang dihapus yaitu tentang bantuan siswa miskin tidak dianggaran dari BOS, mungkin karena sudah ada PIP atau Program Indonesia Pintar. Dan beberapa komponen menurut saya hanya di gabungkan saja klasifikasinya. Untuk selengkapnya tentang 11 Komponen BOS 2017 dapat dilihat di (sini)

Alpeka BOS 2017 11 Komponen
menu alpeka bos 11 komponen

Terkait dengan Aplikasi Pelaporan Keuangan Dana BOS atau Alpeka BOS 2017 11 Komponen, setelah saya coba cek hingga saat postingan ini ditulis belum tersedia secara resmi di website bos.kemdikbud.go.id. Karena penggunaan alpeka ini sebelumnya dianjurkan bahkan diharuskan pada juknis BOS 2016. Akan tetapi saya sendiri pada tahun 2016 belum menggunakan aplikasi alpeka BOS hehee..

Tiba saatnya untuk laporan BOS 2017 triwulan 1, saya sempat bingung mau memakai aplikasi yang mana untuk pembukuan keuangan dana BOS 2017, karena alpeka 2016 masih 13 komponen.

Kebetulan ada teman facebook yang membagikan Alpeka BOS 2017 11 Komponen di sebuah grup facebook. Ternyata yang memodifikasi Beliau sendiri, Beliau memodifikasi Alpeka BOS tahun sebelumnya. Untuk itu saya coba menggunakan Aplikasi hasil karyanya dan ternyata dapat berjalan dengan baik, namun beberapa agak sedikit eror karena saya memakai excel 2007 namun masih bisa diatasi. Kemudian saya chat dan comentan dengan Dia, bahwa memang aplikasi belum dijajal di excel 2007. Dianjurkan untuk office Excel 2010 ke atas.
Ini adalah tampilan cetak Format BOS Ka yang telah sesuai dengan 11 Komponen BOS
cetak bos k7a 11 komponen bos
cetak bos k7a 11 komponen
Selanjutnya ini adalah tampilan Format BOS K7 ( Program 8 Standar Nasional Pendidikan )
cetak bosk k7 alpeka bos 2017


Berikut ini sedikit informasi Alpeka BOS 2017 11 Komponen dari empunya,

----------------------------------------------------------------------------
FOSBON : FORUM OPERATOR SEKOLAH KABUPATEN BONDOWOSO               -
----------------------------------------------------------------------------

ALPEKA FOSBON 2017 - Versi 4.3 Rilis 31 Maret 2017.           
Alpeka ini menggunakan master Alpeka 13 Komponen 2016 dan kami Modifikasi menjadi 11 Komponen berdasarkan PERMENDIKBUD 08 Tahun 2017 sehingga menjadi ALPEKA 2017, tanpa mengurangi esensi fungsi Aplikasi.

  • Fitur dan Perubahan kami tujukan untuk kemudahan Operator / Bendahara BOS.
  • Kami tidak menyediakan Password untuk kepentingan apapun.
  • Kami berkreasi atas dasar kemudahan kerja OPERATOR BOS.
  • Kami tidak Menjual/Mengiklankan/PayPerClick Aplikasi ini.
  • Kami tidak bertanggungjawab atas modifikasi selain alpeka dari kami.
  • Laporkan ke kami JIKA Error beserta File DATA dan ScreenShoot Tampilannya.
------------------------------------
Sebarkan Alpeka ini JIKA Bermanfaat.                       -
-------------------------------------


Fitur dan Contact Klik Logo dalam Alpeka.                   #s1e-
Sony Fiffandy, S.Sos | SDN PETUNG 2, Curahdami, Bondowoso | Tim IT FOSBON  -
------------------------------------------------------------------

INFO SELENGKAPNYA BISA DILIHAT SENDIRI PADA APLIKASI

DOWNLOAD APLIKASI ALPEKA BOS 2017 11 KOMPONEN.

Silahkan jika ingin menggunakan aplikasi ini, link direct download
Via Dropbox: https://www.dropbox.com/s/td5gvp98dtt6ifq/MASTER%204.3%20(PROGRAM%20SEKOLAH%20asli%20SD-SMP).rar 

jika link diatas error, silahkan langsung saja ke Fanspage Facebook berikut:
www.facebook.com/foppsiBondowosobos

PANDUAN APLIKASI ALPEKA BOS 2017 11 KOMPONEN

Hehe pada judul postingan ini, tertulis Panduannya juga ya,, hmmm...
Untuk cara penggunaan tentunya sama dengan Aplikasi Alpeka BOS 2016. :)

Berikut ini ada vidoe tutorial yang mungkin bermanfaat.

Video Alpeka BOS
  1. Slide 1 Panduan ALPEKA BOS
  2. Slide 2 Panduan Alpeka BOS
  3. 11 Komponen Penggunaan Dana BOS 2017
  4. Generate File ALPEKA BOS (Menyiapkan Lembar Kerja Pembukuan)
  5. Entry Transaksi Keuangan pada ALPEKA BOS (Pembukuan)
  6. Cetak Laporan ALPEKA BOS
 Video Lainnya

  1. Laporan Dana BOS Online
  2. Bayar Pajak Online EBilling
 Download Panduan Alpeka BOS PDF


Demikianlah yang bisa saya posting pada kesempatan ini, jika shobat ada pertanyaan terkait alpeka BOS ini silahkan melalui kotak komentar di bawah. Saya juga masih belajar, sama-sama kita belajar.

Sekian, semoga berguna

Wassalamualaikum Wr. Wb.

=========
PENTING
=========
Nomor bukti harus ada / ditulis sesuai dengan ketentuan aplikasi.
----------------

26 Komentar untuk "APLIKASI ALPEKA BOS 2017 11 KOMPONEN BESERTA PANDUAN"

  1. Assalamu alaikum? Sebelumnya saya minta maaf, saya mau tanya tentang Alpeka ini untuk masalah mencetak K3 dan K7 masih ada yang bermasalah diAlpeka saya. Untuk K3 yang sudah saya cetak itu muncul dobel penarikan TW. I. dan untuk K7 jumlah perincian keuangannya hanya muncul setengah dari jumlah anggaran yang didapatkan. Mohon pencerahannya? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam
      maksudnya double penarikan bagaimana?, untuk pengambilan tunai pada bank untuk mengisi kas, harus di catat pada realisasi terima dan keluar. Terima karena menerima dari bank ke kas tunai, keluar karena keluar dari bank ke kas. Dan yang terpenting adalah kode atau nomor bukti harus ada dan sesuai petunjuk aplikasi.
      Untuk K7, apakah K7 8 standar itu, saya memakai excel 2007 memang begitu, kalau bisa pake excel 2010 ke atas.
      Namun untuk di tempat saya tetap bisa muncul semuanya dengan cara, tutup dulu semua file excel yang terbuka, kemudian buka file alpeka (file datanya tidak usah dibuka), kemudian cetak K7 dan semua akan tampil sesuai yang telah dicatat.

      Hapus
    2. versi alpeka yang kami gunakan:
      https://www.dropbox.com/s/td5gvp98dtt6ifq/MASTER%204.3%20(PROGRAM%20SEKOLAH%20asli%20SD-SMP).rar

      Hapus
    3. saya dah download yg versi ini, tpi knp ya master 4.3 nya gk kebuka.
      bagimana caranya supaya kebuka filenya ?
      terimakasih..

      Hapus
    4. Pilihane seperti apa y..coba di pilih ok.

      Hapus
    5. Ass..pak,kok alpeka sy tidak bs terbuka.option enable contentnya tidak muncul.kira kira apa mslahnya ya pak?sy memakai ecxll 2010

      Hapus
    6. Biasanya muncul dinatas lembar kwrja d bawah menu2.
      Ref. https://excellerates.com/2015/01/24/cara-mengaktifkan-macro-vba-excel/

      Hapus
  2. Asw.Pak, saya sudah selesai mengerjakannnya. Dan sewaktu saya update ga ada masalah. Namun sewaktu saya mau cetak laporan K7a saya menemukan kejanggalan, yaitu hasil komponen Langganan daya dan jasa tidak sesuai seperti yang diisi pada aplikasi. Namun hasil akhirnya sudah pas. Hanya itu masalah yang membuat saya penasaran. Jumlah seharusnya sekitar 21 juta, tapi yang tampil hanya 300 ribu. Saya sudah cek berkali-kali pada komponen Langganan daya dan jasa. Namun hasilnya tetap sama ketika saya cetak laporan K7a. Terima kasih sebelumnya saya sudah menggunakan Aplikasi yang sudah bpk modifikasi ini. Kiranya ada solusi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wss
      terima kasih telah menyempatkan berkunjung di blog ini,
      Sebelumnya untuk alpeka bos dibutuhkan ketelitian dalam pencatatan dan yang terpenting adalah kode transaksi harus diisikan.
      Apakah bapak memakai excel 2007? aplikasi ini dianjurkan/ dapat bekerja dengan baik di excel 2010 ke atas.
      Untuk khasus seperti itu coba tutup dulu data aplikasinya saat menggenerate K17a. dan tutup juga aplikasi yang tidak terpakai.
      apa bila tetep tidak bisa, silahkan cari data transaksi mana yang tidak bisa muncul cek kembali datanya.
      ..................
      perlu di ketahui bahwa aplikasi ini bukan hasil karya modifikasi saya, saya juga hanya pengguna dan sharing aja untuk sama-sama belajar.
      pembuat aplikasi dan kontaknya bisa di lihat pada aplikasi. Bapak bisa berkonsultasi langsung dengan pembuatnya,
      Terima kasih

      Hapus
  3. Maaf, satu lagi masukkan dari saya, hasil cetak laporan K7a yang dihasilkan masih 13 komponen, padahal aplikasinya sudah 11 komponen. Apa ini mungkin penyebab masalah saya tadi ya pak. Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasktikan bapak mendownload ALPEKA FOSBON 2017 - Versi 4.3 Rilis 31 Maret 2017.
      Saya sudah menggunakanya dan hasil cetak laporanya 11 Komponen.11 komponen bosa dapat di lihat pada juknis bos 2017, atau bisa melalui video yang kami unggah di youtube link: https://youtu.be/LV-OAt0PQI4
      terima kasih

      Hapus
  4. assalamualaikum..saya mendapati suatu kejanggalan..untuk membuka data awal seperti data umum di dalam kotak tdk bisa di klik..namun kalu sheet nya di klik bisa di buka....apa perlu unprotect buka manual...mhon infonya........

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikum salam,
      apa sudah dienablekan macronya?
      untuk menggunakan aplikasi ini tidak perlu unprotect sheet
      terima kasih atas kunjunganya,

      Hapus
  5. Assalamu'alaikum mas ..
    Kenapa ketika saya mau cetak K-1 dan K-2, hanya standar 1 - 3 aja ya yg muncul ? standar 4 s/d 8 tidak muncul padahal di rencana terima dan keluar sudah saya masukkan semua item dan harganya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. o iya .. saya memakai alpeka yg versi 4.B rilis (13 Juni 2017)

      Hapus
    2. untuk cetak tidak muncul, coba tutup semua aplikasi kecuali file alpeka bos, datanya jg ditutup dahulu, karena menurut saya aplikasi ini butuh ruang untuk melakukan kalkulasinya, di rekomendasikan excel 2010 ke atas.

      Hapus
    3. setahu saya versi 4.B hanya untuk wilayah tertentu,(wilayah pembuat aplikasi). versi terbaru untuk nasional adalah 4.3 Nasional. untuk lebih jelasnya bisa di lihat fi fb pembuat aplikasi, disana juga ada grup W.A. nya,
      terima kasih

      Hapus
  6. Pak maaf link downloadnya error ya, boleh dibantu kirim email aplikasinya ahmadsopian9037@gmail.com, Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan langsung saja ke sumbernya http://www.facebook.com/foppsiBondowosobos

      Hapus
  7. Terima kasih sharing ilmunya. Semoga bermanfaat dan Pak Nir selalu keadaan keadaan selamat.

    BalasHapus
  8. Pak mohon bantuannya ya..
    Link nya error jdi tidak bisa download minta tolong email kn ke email sya ya..zamrizakushi@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan langsung saja ke kreatornya http://www.facebook.com/foppsiBondowosobos

      Hapus
  9. Bisa utk Laporan BOS tingkat SMA jugakah?

    BalasHapus
  10. mas singgih. bagaimana saya bisa private chat dgn mas singgih ya?
    soalnya ada yg mau di tanyakan ttg aplikasi di dalam alpekanya/

    BalasHapus
  11. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CERITA KISAH SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah, awal saya adakan pengurusan saya buka google dan saya dapat no tlp salah satu jasa pengurusan ijazah terus saya tlp dan saya di minta kirim adm pengurusan ijazah setelah saya transfer saya tunggu selama 1 bulan ternyata tak kunjung jadi tapi saya baru sadar diri kalau saya ini di TIPU dan beberapa blog jasa di google saya hub semua'nya ternyata PENIPU, saya sempat putus asa tapi alhamdulillah saya ketemu salah satu keluarga saya yang bekerja di dinas pendidikan kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

    1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
    – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
    – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
    – Drop out takut dimarahin ortu
    – IPK jelek, ingin dibagusin
    – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
    – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
    – Dll.
    2. PRODUK KAMI
    Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
    SARJANA (S1, S2)..
    Hampir semua perguruan tinggi kami punya
    data basenya.
    UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
    UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
    UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
    UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
    UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
    UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
    UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
    AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
    UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
    INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
    STIE SUKABUMI YAI
    ISTN STIE PERBANAS
    LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
    STIMIK UKRIDA
    UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
    UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
    UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
    UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
    UNIVERSITAS SAHID DLL

    3. DATA YANG DI BUTUHKAN
    Persyaratan untuk ijazah :
    1. Nama
    2. Tempat & tgl lahir
    3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
    4. IPK yang di inginkan
    5. universitas yang di inginkan
    6. Jurusan yang di inginkan
    7. Tahun kelulusan yang di inginkan
    8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
    9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
    10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening bendahara bpk DR SUTANTO
    11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
    4. Biaya – Biaya
    • SD = Rp. 1.500.000
    • SMP = Rp. 2.000.000
    • SMA = Rp. 3.000.000
    • D3 = 6.000.000
    • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
    (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
    • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
    (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
    • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

    BalasHapus
Silahkan berkomentar sesuai pendapat Anda...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel