Media Penyimpanan File Online Google Drive

Diposting oleh: singgih

Sedikit tentang google drive, google drive adalah media peyimpanan online yang disediakan secara geratis oleh google. Kita bisa meyimpan 15 Giba Byte untuk versi gratis, cukup besar bukan. Seperti halnya flash disk, kita bisa menyimpan beragam jenis file, seperti gambar, lagu, dokumen, aplikasi, dan lain sebagainya. Kita bisa menguplod file ke server google drive dan bisa meyimpanya dalam waktu yang lama. Salain itu kita bisa berbagi file tersebut dengan menyampaikan linknya.
gambar logo google drive

Sebagai operator sekolah (ops) ataupun operator pendataan atau secara umum disebut tenaga administrasi sekolah, apabila sering akfif di forum-forum media sosial tetunya kita akan menjumpai berbagi file. Dengan memanfaatkan google drive ini kita bisa berbagi file dengan mudah. Misal kita mempunyai file aplikasi atau dokumen, yang akan kita bagikan di grup kita tidak perlu lagi mendata email teman satu persatu untuk mengirim file yang hendak kita bagikan. Karena sebelumnya saya pernah lihat di grup facebook yang mau bagi file terus yang komentar menuliskan emailnya. Iya kalau cuma satu atau dua orang, kalau banyak kan repot.

Untuk bisa memanfaatkan fasilitas google drive ini, pertama anda tentunya harus memiliki akun google. Yang belum punya bisa mendaftarkan dulu, caranya bisa melihat postingan sebelumnya yaitu Cara Membuat Email di Gmail Lengkap 2015 . Meskipun judulnya 2015 tetapi secara umum hampir sama. Jika sudah punya akun google kita lanjut bagaimana mengupload file di google drive:

1. Buka/Kunjungi alamat  https://www.google.com/drive/ kemudian pilih menu "go to google drive"

2. Lanjut misalnya kita akan mengupload sebuah file. maka kita pilih baru --- unggah file  --- Kemudian pilih filenya --- ok
cara mengupload file di google drive

3. Tunggu beberapa saat hingga proses upload selesai, jika sudah kita klik saja,,
tampilan proser upload google drive selesai

4. Setelah kita klik, maka akan tampil seperti gambar dibawah ini. Untuk mendownloadnya kita klik gambar icon anak panah arah bawah yang artinya download. Terkadang saya jumpai di facebook masih banyak yang belum paham, hingga akun tersebut bilang kok tidak bisa didownload ke pengupload file.

5. Jika kita ingin membagikan link downloadnya, kita klik gambar icon orang + (akan muncul tulisan bagikan)
Kemidian pilih: Gambar icon rantai, atau tulisan Dapatkan tutan yang bisa dibagikan. Setelah itu akan muncul alamat link, kita copy paste link tersebut.
icon link berbagi google drive
cara membagikan link google drive

dan ini merupakan link hasil upload file contoh:
https://drive.google.com/file/d/0Bxzpyilq-uI4NVhGdDV1QXE2VWc/view?usp=sharing

Atau link yang sudah disingkat: https://goo.gl/bZEdjm
Untuk cara menyingkat url bisa menggunakan goo.gl yang juga merupakan fasilitas publik gratis yang dimiliki google. Selengkapnya bisa baca: cara menyingkat url menggunakan goo.gl

Demikianlah sedikit tutorial bagaimana menggunakan google drive untuk berbagi file di internet. Baca juga tips dan trik pencarian menggunakan search engine google agar lebih efisian. Semoga bermanfaat.



Deuniv Blog Updated at: 11:29

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai pendapat Anda...