Membuat Format Halaman Berbeda Pada Satu File Word

Halo sahabat operator, dan yang sangat saya hormati Bapak dan Ibu Guru, serta pembaca dimanpun Anda berada. Pada kesempatan ini saya akan share cara membuat halaman yang berbeda pada satu file dokumen word. Jadi begini, kalau kita membuat Buku, Skripsi atau karya tulis, biasanya ada halaman romawi dan angka. Sebelumnya saya memisahnya untuk yang halaman romawi sendiri yaitu pada bagian halaman judul, kata pengantar, daftar isi dll. Dan file lain untuk BAB Pendahuluan, Isi serta Penutup menggunakan halaman fotmay angka dibuat terpisah. Ternyata membuat halaman berbeda jenis pada Microsoft Word itu bisa dilakukan pada satu file dokumen. Berikut ini cara membuat halaman pada word dengan romawi dan angka.

1. Pada tab Insert >>> Page Number >>> Botom of page >>> Kita pilih yang plain number 2. Kita bisa memilih sesuai selera.
Membuat halaman pada microsoft word

2. Akan langgung menuju Footer, dan angka 1 telah muncul. Selanjutnya kita akan mengubahna menjadi halaman angka romawi. Kita pilih Page Number >>> Format Page Number >>> kita pilih Number Format: yang angka romawi >>> OK
Format page number

Romaw format page number
3. Kita sudah membuat halaman dengan format romawi. Selanjutnya kita ingin atau angka romawi cuma sampai halaman v, kemudian diteruskan dengan halaman format angka 1. Caranya, kita letakan kursor pada halaman v, jangan dienter dahulu sampai halaman vi. Kemudian kita ke menu Page Layout >>> Breaks >>> Next Page. Kemudian akan muncul halaman angka romawi vi.
memisah halaman page breaks

4. Selanjutnya kita akan mengubah halaman vi menjadi halaman angka 1. Caranya.  Insert >>> Page Number >>> Format Page Number >>> Number Format kita pilih angka >>> Page Numbering kita pilih Star at: 1 >>> OK. Jadi deh,,, mudah bukan untuk membuatnya?
format page number start at
Page numbering mulai halaman

Dengan begini kita tidak memisah lagi file buku, atau karya tulis kita hanya karena format halaman yang berbeda. Dan juga biasaya kita diminta untuk mengupulkan sofcopy dari karya tulis yang kita buat sehingga berbentuk ebook, biasanya juga dijadikan file dengan format pdf.

Tambahan,
Biasaya ada juga model dimana tiap BAB pada halaman pertama dibuat format berbeda. Kalau lainnya format halamannya di bawah tetapi pada halaman pertama BAB dibuat nomor halaman di pojok atas. Caraya, kita menuju halaman angka 1, Kita pilih Insert >>> Header. Pilih Different First Page. Selanjutnya kita insertkan lagi halaman dengan format yang sesuai.

Pilih Different First Page

Pilih Different First Page
format halaman pojok atas ms word

Untuk videonya dapat di lihat pada lin berikut:
https://youtu.be/SbmjVlobeho





Baca juga: Cara Print Amplop Menggunakan Word 2007

Sekian, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Membuat Format Halaman Berbeda Pada Satu File Word"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai pendapat Anda...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel