JENIS TRANSAKSI KEUANGAN SEKOLAH.

Transaksi adalah situasi kejadian yang melibatkan unsur lingkunan dan mempengaruhi posisi keuangan. Transaksi umumnya diukur dengan nilai uang, sehingga bisa dicatat. Untuk mencatat transaksi tersebut dibutuhkan dokumen atau bukti transaksi sebagai pendukungnya. 
transaksi eksternal dan internal sekolah

Ada dua kelompok besar transaksi menurut arus masuk/keluarnya uang yaitu:

1.    Transaksi penerimaan, yang dibedakan lagi menjadi:


a.    Transaksi penerimaan internal

Yaitu penerimaan yang hanya mempengaruhi posisi kas dan bank, atau posisi kas saja. Contoh: penyetoran uang kas ke bank, pemidahan dana milik sekolah dari satu rekening bank ke rekening sekolah/madrasah di bank lain.

b.    Transaksi penerimaan eksternal

Penerimaan yang mempengaruhi posisi kas dan/atau posisi bank yang diterima dari sumber-sumber bukan milik sekolah/madrasah. Contohnya: pecairan dana BOS ke rekening sekolah, pajak yang dipungut sekolah, buka tabungan/deposito.

2.    Transaksi pengeluaran, yaitu bila dana yang dimiliki sekolah/madrasah bekurang (baik dana tercatat di bank maupun di kas) transask ini dibedakan menjadi:

a.    Transaksi pengeluaran internal

Yaitu pengeluaran yang hanya mempengaruhi posisi kas dan posisi bank, atau posisi kas saja. Contoh: sama dengan penerimaan internal yaitu pemindahan dana antar rekening milik

b.    Transaksi pengeluaran eksernal

Yaiu pengeluaran yang mempengaruhi posisijumlah ang kas dan/aau posisi jumlah uang di bank karena pembelian barang/Jasa. Conoh: pemblian ATK yang dibayar tunai, atau belanja modal

FORMAT BUKU KAS UMUM (BOS K-3) 

Belum ada Komentar untuk "JENIS TRANSAKSI KEUANGAN SEKOLAH."

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai pendapat Anda...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel