Mengerjakan Dapodik dan Raport 2013 melalui Wifi

Dapodik merupakan aplikasi yang sangat bagus, mendata siswa, pendidik, tenaga kependidikan, dan sekolah secara lengkap. Sehingga data yang berkulaitas dari dapodik dapat benar-bernar dijadikan data pokok. Kemdikbud juga telah merililis aplikasi raport kurikulum 2013 yang terintegrasi dengan dapodik. Dengan aplikasi raport ini guru tinggal melakukan penilaian karena data-data siswa mengambil dari database dapodik.

Kali ini kita akan coba supaya dapodik bisa dibuka di komputer lain. Tetapi sebenarnya tujuannya tidak untuk mengentry dapodik karena menurut saya masih bisa diselesaikan dengan satu laptop, terkecuali kalau menang dibutuhkan. Tujuannya adalah agar para guru bisa mengentry atau melakukan penilaian siswanya dengan komputer/laptop masing-masing dikarenakan aplikasi raport ini hanya bisa diinstal pada komputer yang ada dapodiknya.

 Dengan menggunakan fitur wiifi yang ada di laptop kita akan membuat jaringan wireless ad hoc (computer to computer ) network. Kita nantinya bisa membuka dapodik atau raport pada laptop yang tidak terinstal dengan cara mengkases laptop yang telah terinstal. Laptop yang hendak dijadikan server (bisa dibilang server biar memudahkan kita) hardware dan drivernya suport untuk dijadikan host. Cara mengeceknya kita buka cmd – lalu ketikan netsh wlan show drivers

Kemudian lihat apakah hosted network supported : yes


Apabila laptop yang terinstal dapodik dan raport sudah suport hosted network, lanjut kita membuat nama jaringannya dengan langkah-langkah sebagai berikut. TETAPI SAYA SENDIRI KURANG PAHAM, TENTANG  hosted network supported, tapi tidak salahnya kita cek. Karena setau saya fitur ini adalah agar laptop kita bisa dijadikan router, jadi apabila laptop kita menggunakan modem flash, maka komputer lain bisa menyambungkan koneksi internetnya ke laptop kita melalui wiifi, munkin untuk lebih jelasnya bisa di search di google.
Ok deh kita lanjut saja, apabila hosted network supported..

1.    Buka Control Panel – Network and Internet


2.    Kemudian pilih Network and Sharing Center



3.    Lalu klik Set up a new connectioan or network



4.    Set up a wireless and hoc (computer to computer) network - Next



5.    Next . Pastikan laptop kedua wifiinya dalam keadaan menyala


6.    Kemudian kita buat nama jaringannya misal disini kita gunakan
Network name: dapodik
Scurity type: WPA2-Personal (ini apabila kita akan membuat passord pada jaringan kita supaya lebih aman)
Scurity key: dapodikdas (kita buat password minimal 8 karakter)

Beri centrang save network, suapaya tersimpan, sehingga ketika nanti kita akan menggunakannya lagi  lebih mudah.

Kemudian Next



7.    Network dapodik siap digunakan, kita close saja dulu


8. Kita lihat nama jaringan dapodik sedang waiting for user, kita klik pada gambar pojok bawah gambar sinyal wiifi. Ini berarti menunggu komputer kedua untuk memulai koneksi.


9.  Selanjutnya kita beralih ke komputer yang satunya, untuk memulai koneksi.

10. Masukan password yang telah kita buat sebelumnya, yaitu “dapodikdas” kemudian tunggu hingga kedua komputer tersebut terkoneksi sempurna

11.Beralih lagi ke komputer pertama, untuk melihat Alamat IP , yang nantinya alamat ini adalah digunakan untuk membuka dapodik dari komputer ke dua.  Cara melihat IP adalah kita klik Kanan pada nama jaringan seperti gambar dibawah ini, Klik Kanan – Status . Ingat langkah ini pada komputer yang terinstal dapodik ya, kalau kita lakukan di komputer ke dua, berarti kita lihat ip kompter kedua.


12.    Kemudian pilih Details


13.    Catat IP 


14.    Kita sekarang sudah mendapatkan IP yang terinstal dapodik, lanjut ke komputer kedua. Buka web browser, biasaya untuk dapodik lebih cocok pakai Google Chrome. Masukan alamat IP pada kotak alamat. 


Taaraaaaaa,,, horee,,,, dapodik bisa dibuka pada laptop lain tanpa menginstal


15. Untuk Raport  sama juga, tinggal kita masukan alamat IP pada address bar, tetapi ditambah “/raport-sd



Demikian semoga bermanfaat...


2 Komentar untuk "Mengerjakan Dapodik dan Raport 2013 melalui Wifi"

Silahkan berkomentar sesuai pendapat Anda...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel