Cara Verval NRG pada Aplikasi Padamu Negeri Tahun 2015

Operator Sekolah merupakan sebutan keren bagi seseorang tenaga pendidik maupun kependidikan yang ditugasi oleh kepala sekolah untuk mengurusi pendataan dapodik ataupun hal lain yang berhubungan dengan IT ataupun komputerisasi.  Salah satu tugas yang diberikan dari Kepala Sekolah adalah membantu mengerjakan Verval NRG yang dilakukan Aplikasi Padamu Negeri. Adapun informasi yang saya ketahui tentang maksud dan tujuan verval nrg bisa kita perhatikan pada postingan-postingan admin tim pusat padamu negeri. Dalam postingan ini saya mecoba menampilkan langkah-langkah verval nrg. Mungkin cukup ini saja mqodimahnya. Kita langsung ke cara Verifikasi Dan Validasi (Verval) Nomor Registrasi Guru (NRG) pada Aplikasi Padamu Negeri 2015.

1. Buka website www.padamu.siap.web.id

2. Login PTK
- Username: Masukan NUPTK/Peg ID/ Email jika sudah memasukan email pada akun Padamu Negeri atau Jejaring Siapku.com. Berikut adalah cara mendaftarkan email untuk username akun Padamu Negeri.
- Password: masukan kata sandi
username login ptk aplikasi padamu negeri

3. Pilih menu PTK, bila menu ini tidak muncul silahkan anda baca tentang menu navigasi pada padamu negeri.
menu ptk pada aplikasi padamu negeri


4. Kemudian pilih submenu Verval NRG.
menu verval padamu negeri


5. Pilih menu Ajukan Verval
menu ajukan vervan nrg padamu negeri


6. Pilih Telah Memili NRG
Nanti akan muncul secara otomatis. Namun ada juga yang tidak mucul otomatis. Saya sendiri kurang tahu kenapa. Tapi apa bila belum muncul kita tuliskan manual. Perbedaan ini akan terlihat juga pada format ajuan verval ketika di print dan diserahkan ke admin dinas.
setalah itu klik Benar & Lanjut
telah memiliki nrg padamu negeri


7. Kemudian isi Pola Sertifikasi.
Pilihan yan ada sebagai berikut:
- eh yang ini tidak bisa dipilih lho? :D
PSPL/PF/PLPG (TMT Awal Guru < 2006 dan ber-NUPTK lulusan 2007-2014)
PPG SM-3T (Tahun 2014-2015)
PPG S1 Basic Science Berasrama (Tahun 2009-20012)
PPG S1 PPGD Berasrama (Tahun 2009-2013)
PPG SMK Kolaboratif (Tahun 2012-2015)
PPG Terintegrasi (Tahun 2011-2015)
PPG Sertifikasi Jalur Pendidikan (Tahun 2007-2009)
* Untuk hal ini saya kurang paham, anda bisa mengunjugi blog kawan saya. Ditempat saya kebtulan saya memilih yang Opsi paling atas, setelah tanda strip (-)

pilih pola sertifikasi nrg padamu


8. Pilih Universitas. Kalau rekan guru sudah mengumpulkan sertifikat pendidiknya, kita bisa lihat situ.

melilih universitas saat sertifikasi

9. Pilih Bidang Studi Serfitikasi
Disini harus lebih teliti, jangan seperti saya. Saya sudah mengajukan verval ternyata saya salah. Ada 2 kode guru kelas sd yaitu [2015-027] Guru Kelas dan [2009-027] Guru Kelas. Akibatnya saya membatalkan verval  dan entry lagi. Saat saya menulis tulisan ini saya belum menyelesaikan Ajuan Verval NRG. Oh iya beruntung aku tahu hal ini setelah mengikuti atau menyimak postingan dari admin padamu negeri yang disalah satu komentar ada seperti kasus yang saya alami :).
Pilih bidang studi sertifikasi
kode guru kelas sd padamu negeri
kode guru kelas sd padamu negeri


10. Isikan Nomor Sertifikat Pendidik dan Nomor Peserta/Nomor Induk Mahasiswa, kalau ditempat saya bilangnya Nomor Peserta Sertifikasi

isi nomor sertifikat pendidik dan nomer peserta


11. Isi juga Tanggal Sertifikat Pendidik (sesuai piagam)

isi tanggal sertifikat pendidik padamu negeri

12. Setelah itu kita diminta untuk mengupload scan Sertifikat Pendidik dan Ijazah Tekakhir Asli saat Sertifikasi. Untuk yang cara scan dokumen bisa di lihat pada postingan scan dokumen verval PD.  Kemudian Pilih Benar&Lanjut untuk proses selanjutnya.


upload sertifikat pendidik dan ijazah padamu negeri

13. Lanjut ke Tab Konfirmasi, Disini kita melakukan pengecekan lagi dari hasil entryan tahap sebelumnya, kalau sudah benar lalu klik simpan. Disini saya teringat dengan menu Tab Konfirmasi Aplikasi Verval PD.
konfirmasi aplikasi padamu negeri

14. Selanjutnya kita sudah bisa Cetak Surat Ajuan, yang nantinya surat ajuan ini kita serahkan ke Admin Dinas untuk ditindak lanjuti.
cetak surat ajuan padamu negeri


17. Selebelum melakukan pecetakan saya mengatur kertasnya dulu dengan kertas A4. Kerena secara default biasanya akan otomatis memilih letter dan hasil cetakan menjadi dua lembar yang harusnya bisa jadi satu lembar. Tapi ini waktu itu, munkin sekarang sudah diperbaharui. Untuk lebih mengenal ukuran kertas bisa kita lihat pada postingan Standar Jenis Ukuran Kertas Di Indonesia
seting printer cetak surat padamu negeri
memilih kertas a4 padamu negeri

 18. Cetak Verval bisa dicetak ulang, dengan demikian beban tugas sebagai operator sekolah sudah berkurang. Dan kita siap untuk tugas-tugas selanjutnya dari my bos, Kepala Sekolah
status verval padamu negeri


Demikian tulisan ini saya buat semoga bermanfaat buat rekan-rekan Operator Sekolah dan PTK pada umumnya, salam OPS.
================
kode mapel aplikasi padamu negeri

kode mapel 2007 guru kelas padamu negeri

kode mapel guru kelas verval nrg

tahun kode mapel guru kelas verval nrg

baca juga: Agenda Aplikasi Padamu Negeri Tahun 2015

Belum ada Komentar untuk "Cara Verval NRG pada Aplikasi Padamu Negeri Tahun 2015"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai pendapat Anda...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel