APLIKASI RAPORT K13 SD TAHUN 2017

Diposting oleh: singgih

Dalam rangka untuk memudahkan Bapak / Ibu Guru dalam melakukan proses penilaian kurikulum 2013 dan membuat cetak raport. Kami menyusun sebuah aplikasi sederhana berbasis microsoft excel yang kami namakan apK13sd atau aplikasi penilian kurikulum 2013 SD yang disesuaikan dengan panduan penilaian sekolah dasar tahun revisi 2016

aplikasi raport k13 SD tahun 2017
menu apliksi rapot k13

Dalam panduan tahun 2016 tersebut disebutkan beberapa hal penting diantaranya tentang KKM satuan Pendidikan dan Rentang Predikat, dimana rentang predikat itu disesuaikan dengan KKM Satuan Pendidikan. Rentang predikat ini maksudnya adalah predikat sangat baik, baik, cukup dan perlu bimbingan, yang nantinya juga untuk keperluan dalam membuat nilai deskripsi raportnya. Klasifikasi rentang predikat ini tiap sekolah bisa berbeda tergantung KKM tingkat satuan pendidikan. Pun bisa tiap sekolah dapat menggunakan rentang predikat tidak berdasar kkm satuan pendidikan, namun tiap kkm muatan pelajaran atau mata pelajaran. Namun disini tidak akan membahasa tentang itu, lebih jelasnya adan bisa membacanya pada Buku Panduan Penilaian SD 2016.

Fitur-fitur yang kami kami sematkan serta cara penggunakan aplikasi akan kami uraikan sebagai berikut.

1. Aplikasi berbasis excel macro

Biasaya aplikasi berbasis excel untuk memaksimalkan fungsi aplikasi ditambah fitur macro. Adapun fitur macro yang ada di aplikasi ini diantaranya untuk mengenerate nilai deksripsi, auto save sebelum aplikasi di tutup, dan user form untuk menampilkan info ke pengguna. Fitur generate ini sebenarnya hanya mengcopy paste isi dari perhitungan nilai deskripsi yang dicopy dalam format txt. Ini sebenarnya fitur yang kami unggulkan dalam aplikasi ini karena guru bisa mengedit apa bila ada kalimat deskripisi yang kurang pas seperti tanda bacanya ataupun kata penghubungnya. Untuk itu sebelum menggunakan aplikasi silahkan enablekan  macronya seperti gambar di bawah ini.
aplikasi raport kurikulum 2013 excel
enable macro

Dan berikut ini tampilan kode vba project macro aplikasi


2. Aplikasi Sederhana dan Ringan

Dengan dibuat menggunakan excel 2007 maka aplikasi ini dapat digunakan pada excel 2007, 2010, 2013, atau yang lebih canggih. Kami menggunakan menu navigasi yang sederhana, sehingga file tidak terlalu besar dan ringan digunakan. Pada sheet menu utama digunakan untuk menuliskan data sekolah untuk nantinya digunakan pada halaman identitas raport. Terdapat pula tombol hyperlink untuk memudahkan mengakses sheet lainya seperti entry nilai pengetahuan, keterampilan, jurnal spiritual, jurnal sikap, rekap nilai, dan cetak raport.
aplikasi raport k13 sedernana dan ringan
aplikasi k13 sederhana

3. Hitung KKM Satuan Pendidikan dan Rentang Predikat Otomatis.

Pada sheet ini kita bisa menghitung otomatis kkm satuan pendidikan dan interval rentang predikatnya. Data KKM ini sangat penting dalam aplikasi raport ini.
aplikasi kkm satuan pendidikan rentang predikat

4. Jurnal Sikap Sosial dan Spriritual

Ini digunakan untuk mencatat jurnal penilaian sikap sosial maupun spiritual peserta didik. Guru muatan pelajaran lain seperti Guru Agama dan Penjas dapat menambahkan data jurnal pada sheet ini pada akhir semester.
jurnal nilai sikap k13


5. Rekap Nilai Sikap

Pada akhir semester rekap nilai akan menjumlahkan nilai jurnal dan hasil deskripsinya namun perlu di ketahui untuk penilain sikap dilakukan pada akhir semester bersama dewan guru. Jika tidak ada catatan jurnal ini, maka aplikasi ini menganggap sikap baik pada setiap aspek butir sikap. Di sini anda juga dapat mengubah kata-kata deskripsi sesuai manual.
aplikasi rekap nilai sikap k13 otomatis


6. Entry nilai pengetahuan dan keterampilan

Pada sheet entry nilai pengetahuan maupun keterampilan dibuat dengan warna yang kalem sehingga dapat memudahkan dalam proses entry. Nilai dimasukan tiap Kompetensi Dasar KD, Tema atau sub tema bisa dipilih sendiri, nilai di bawah KKM Muatan Pelajaran akan berwarna merah, hitung predikat, nilai KD Maksimal, nilai KD minimal, dan generate nilai deksripsi. Untuk mempermudah mengetahui nilai KD setiap Penilaian Anda bisa menggunakan:
entry nilai per KD k13


7. Sheet nilai muatan mapel di luar tema.

Agar proses penilaian bisa berjalan dengan baik, tidak saling menunggu. Guru mapel atau muatan yang di luar tema dibuatkan aplikasi tersendiri yang hasilnya dapat di copy paste pada akhir semester.


8. Rekap Nilai Raport dan analisis ketuntasan

Disini dapat di lihat rekap nilai raport khusunya nilai penetahuan dan nilai keterampilan. Nilai yang dibawah KKM akan berwarna merah. Akan ada keterangan tuntas dan belum. Disebutkan di buku panduan Peserta didik dinyatakan tidak naik kelas apabila hasil belajar dari paling sedikit 3 (tiga) mata pelajaran pada kompetensi pengetahuan keterampilan belum tuntas dan/atau sikap belum baik.
aplikasi ketuntasan kurikulum 2013

9. Cetak raport Kurikulum 2013 Rapih

Kami sebisa mungkin agar raport yang tercetak rapih. Sudah kami lengkapi pula cover raport, data sekolah, data peserta didik, dan tentunya adalah cetak nilai deskripsi. Ukuran kertas yang digunakan adalah A4
aplikasi cetak raport k13 rapih


Video Penggunan Aplikasi Raport K13 Versi 2017
Sebelum Anda mendownload aplikasi ini, terlebih dahulu dapat melihat video tutorial yang kami sematkan dalam postingan ini.


PANDUAN PENTING!!!
Ada hal yang penting Anda ketahui dalam aplikasi ini adalah:
1. Generate Nilai Deskripsi Dilakukan Setelah Nilai dimasukan secara lengkap.
2. Anda dapat menghapus nilai deksripsi jika nilai belum di entry lengkap (bisa mencoba generate nilai sebelum nilai lengkap)
3. Anda dapat mengubah nilai deskripsi secara manual, Namun setelah edit manual, DILARANG generate lagi, karena akan berubah lagi sesuai perhitungan aplikasi.

Download Aplikasi Raport Kurikulum 2013 Versi 2017
Langsung saja, Anda dapat mengunduhnya langsung melalui link berikut.

1. Aplikasi Raport K13 Versi 2017.7.14  Kelas 1 SD
2. Aplikasi Raport K13 Versi 2017.7.14  Kelas 4 SD
3. Aplikasi Raport K13 Versi 2017.7.14 Mapel Agama
4. Aplikasi Raport K13 Versi 2017.7.14 Mapel Penjasorkes
5. APLIKASI ANALISIS PENILIAN UNTUK MENDAPATKAN NILAI PER-KD

Kritik dan Saran
Aplikasi ini masih jauh dari kata bagus, buku panduan, kaidah penilaian K13, maupun dari faktor teknis lainya. Untuk itu kritik dan saran yang membangun dari pembaca maupun penggua aplikasi kami harapkan agar lebih baik. Dapat disampaikan melaui kotak komentar ataupun langsung ke Kontak Kami.

Demikianlah tentang aplikasi rapot kurikulum 2013 jenjang SD yang bisa kami susun, semoga bisa bermanfaat dan berkah. Terima kasih.



Deuniv Blog Updated at: 16:34

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai pendapat Anda...