Menggunakan DNS Google untuk Kelancaran Berinternet

Pada kesempatan ini saya akan sedikit berbagi tentang DNS google dan bagaimana cara menggunakannya. Sebagai pengguna internet kita pastilah senang jika kita bisa browsing dengan lancar. Dan tidak suka jika kita membuka sebuah website tetapi lemot bahkan tidak bisa dibuka. Padahal quota internet masih banyak dan sinyalnya juga bagus. Tetapi masalah tidak bisa membuka sebuah website ini bisa dialami. Saya pernah tidak bisa membuka sebuah situs, padahal ini berhubungan dengan pekerjaan sebagai operator sekolah. Saya tidak bisa membuka website tersebut, tetapi saya bisa membuka situs lainnya seperti google, facebook, dan yang lainnya. Kemudian saya berfikir munkin lagi maintenance, tetapi setelah saya bertanya pada rekan yang lain ternyata bisa dibuka. Kenapa saya tidak bisa membuka, mungkin karena provider membloknya atau server provider agak bermasalah. Saya coba mengganti DNS google ternyata bisa.

Suatu saat saya juga mengalami hal yang aneh ketika tidak bisa membua situs kecuali situs google kemudian saya seting DNSnya ke google akhirnya bisa. Saya sendiri kurang paham apa itu DNS, Anda bisa mencarinya di google. Tapi saya merasa terbantu dengan DNS Google ini. Alamat DNS Google yaitu 8.8.8.8 dan 8.8.4.4 Untuk lebih jelasnya saya tampilkan langkah-langkah seting DNS  beserta gambarnya:

1. Masuk ke Control Panel --- pilih Network Sharing Center.
Control Panel Network Sharing Center.
2. Kemdian pilih menu Change Adapter Setting
Pengaturan Change Adapter Setting


3. Akan muncul beberapa koneksi yang digunakan oleh komputer / laptop misalnya Local Area Connection: untuk yang menggunakan kabel LAN. Wireles Network Conectioan: untuk yang menggunakan wiifi. Dial-up connecten: bagi yang menngunakan modem. Kali ini saya menyeting pada modem.

4. Klik kanan koneksi yang kita gunakan, kemudian pilih propertis
modem propertis

5. Pilih menu Networking --- Internet Protocol Version 4 (TCPIPv4) tetapi jangan hilangkan tanda centangya. --- kemudian piih propertis.
Pengaturan internet Protocol Version 4 (TCPIPv4)

6. Pilih Use the following DNS server addresses.
Preferred DNS server diisi: 8.8.8.8
Alternate DNS server diisi: 8.8.4.4
Kemudian OK.
mengganti DNS server addresses

7. Untuk mengetahui jenis koneksi yang digunakan, adalah ketika kita sudah konek menggunakan modem, lihat pada gambar sinyal atau kalau sudah koonek akan berubah menjadi icon gambar komputer. Lihat pada pojok bawah, seperti gambar berikut:
cara mengetahui jenis koneksi yang digunakan

Itulah cara seting DNS pada komputer atau laptop khususnya pada windows 7, dengan cara ini aktifitas internet menjadi lancar dan stabil. Baca juga cara upload penyimpanan online gratis google drive. Terima kasih, semoga berguna.

Belum ada Komentar untuk "Menggunakan DNS Google untuk Kelancaran Berinternet"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai pendapat Anda...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel