Cara membuat grafik nilai di excel

Hari Minggu ini cukup cerah, meskipun belum mandi mau nulis dulu buat update di blog. Tulisan kali ini merupakan bagian dari aplikasi datar nilai yang sebelumnya dibuat. Tetapi sepertinya fungsinya kurang begitu penting ya? hehe.. . Terlepas dari penting tidaknya grafik nilai yang saya tambahkan di aplikasi daftar nilai tersebut, saya kan mencoba sharing bagai mana membuat grafik nilai pada excel. Grafik yang akan saya buat adalah Grafik nilai mapel yang diperoleh seorang siswa.

Langsung saja sebagai berikut caranya:
1. Persiapkan Tabel Nilainya, yang terdiri dari Kolom Mapel, Nilai, dan KKM. Untuk siswa kita tidak membuatnya, karena kita hanya akan membuat grafik nilai seorang siswa.

cara membuat grafik pada excel
2. Blok Tabel tersebut, kemudian pilih insert, lalu klik Coloum --- Pilih 2-D Coluum --- Clustered Coloum. Sebagai contoh kita pilih yang simple dulu.
Grafik Clustered Coloum Excel

3. Grafik nilai sudah terlihat, jika ingin mengubah gayanya, silahkan pilih saja di menu chart styles.
grafik menu chart styles

4. Untuk mengubah warna tiap mapel, kita bisa klik, kemudian klik kanan, lalu pilih format data point --- fill --- pilih warna lalu close.
  seting format data point

5. Karena nilai yang tampil disini otomatis, dimana nilai maksimalnya 90, dan yang seharusnya 100. Maka Kita perlun menyeting Axisnya, caranya klik kanan pada angka tesebut, kemudian plilih Format Axis
Seting Grafik Excel Format Axis

 6. Selanjutnya pada Axis Options --- Maximumnya digani 100,00 kemudian close
Seting Grafik Axis Options

7. Grafik tesebut diatas belum memiliki judul jika ingin menambahkan judul caranya, klik grafik --- kemudian layout --- chart title --- pilih stylenya --- kemudian tulis judulnya.
grafik chart title

Begitulah cara singkat untuk membuat grafik pada microsoft excel, khususnya excel 2007. Untuk lebih detail tentang grafik yang dibuat, silahkan pilih menu-menu yang tersedia. Karena dengan sendirinya apabila kita sudah sering otak-atik makan akan lebih paham. Dengan penyampaian data atau penyajian data berbentuk grafik dengan tampilan bagus akan mempermudah kita memahami informasi yang disampaikan. Baca juga tulisan sebelumnya: Menyembunyikan Kolom atau Baris Pada Lembar Kerja Excel.  Sekian semoga bermanfaat.

1 Komentar untuk "Cara membuat grafik nilai di excel"

Silahkan berkomentar sesuai pendapat Anda...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel