JENIS-JENIS BUKU DALAM PEMBUKUAN KEUANGAN SEKOLAH

Pencatatan setiap transaksi dilakukan dalam sebuah buku menurut kelompok/jenis akunnya.  Pengelompokan berdasarkan ajun ini unuk memudahkan penyusunan lapodan, untuk tingkat sekolah/madrsah, buku-buku yang dibutuhkan adalah:

jenis buku keuangan sekolah

1.    Buku Kas Umum.

Buku Kas Umum merupakan buku utama untuk mencatat semua transaksi keuangan. Umumnya hanya menampung transaksi eksternal saja. Bisa saja digunakan untuk mencatat transaksi internal, dan disaat yang sama dilakukan pembukuan disisi sebaliknya. Contoh: penerimaan uang kas dari bank, dibukukan di kolom penerimaan dan di saat yang sama dibukukan di kolim pengeuaran uang bank karena pada saat yang sama uang kita di bak berkurang.

2.    Buku Pembantu.

Buku Pembantu dibedakan menjadi.
a.    Buku Pembantu Kas untuk mencatat transasksi keuangan terkait dengan uang kas di bendahara. Buku ini menampung transaksi maupun eskternal yang dulakukan per kas.

b.    Buku Pembantu Bank untuk mencatat transaksi keuangan terkait dengan uang di bank. Buku ini menampung transaski eksternal maupun internal uand dilakukan melalui bank

c.    Buku Pembantu Pajak untuk mencatat transaksi keuangan terkait dengan pemungutan dan penyetoran pajak oleh bendahara sekolah/madrasah (transaski eksternal yang dilakukan per kas atau bank terkait pajak).

Masing-masing sumber dana setidaknya memiliki ke-empat jenis buku diatas, karena untuk sekolah/madrasah yang menasih menggunakan sistem manual akan terdapat lebih dari satu buku kas umum dan buku pembantu. Untuk sekolah/madrasah sudah menggunakan komputer akan jauh lebih mudah untuk memelihara berbagai jenis buku yang ada.

Transaksi yang dicatat di buku yang sesuai harus disertai dengan bukti-bukti transaksi yang mencantumkan tanggal transaksi, nomor bukti transaksi, nomor kode akun serta uraiian penerimaan dan pengeluaran. Kode akun yang digunakan adalah kode akun yang dikeluarkan oleh Kemendagri (untuk sekolah negeri) dan Kemenag (untuk madrasah) bagi program BOS. Kemudian pilih program nasional atau prigram sekolah yang sesuai. Terakhir adalah memilih kode akun untuk jenis transaksi.

Itulag jenis-jenis transaksi keuangan yang ada pada keuangan sekolah, selanjutnya kita adalah sekilas tentang PROSES/ALUR PEMBUKUAN KEUANGAN SEKOLAH/MADRASAH .
Postingan ini merupakan kelanjutan dari:

PENTINGNYA PEMBUKUAN KEUANGAN SEKOLAH YANG BAIK

Semoga bermanfaat,

FORMAT BUKU KAS UMUM (BOS K-3) 
Format Buku Pembantu Kas (BOS K-4)
Buku Pembantu Bank dan Pajak Format BOS K5 dan K6 

Belum ada Komentar untuk "JENIS-JENIS BUKU DALAM PEMBUKUAN KEUANGAN SEKOLAH"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai pendapat Anda...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel