Kitab Syifaul Jinan (Hidayatusshibyan) - Pendahuluan

 Kalau di pondok, munkin pernah mengaji ini. Dan untuk menghafalkannya dengan cara di lagukan. Lagunya menurut saya bagus, dan bisa membuat mudah untuk mengigatnya. Berikut adalah postingan tentang kitab Syifaul Jinan yang saya dapatkan dari http://herryflawless.blogspot.com/2013/08/syifaul-jinan-hidayatusshibyan.html
Bukan untuk apa-apa, cuma ingin mengkaji ulang saja apa yang saya pernah pelajari di masa kecil di musholla dekat rumah. Semoga bermanfaat dan mohon maaf apabila dalam penerjemahannya terdapat kesalahan atau kekeliruan.

Kitab Syifaul Jinan
Pengarang: Ahmad Muthahhir Ibn Abdurrahman
أَلْحَمْدُ لِلهِ وَصَلَّى رَبُّنَا    #  عَلَى النَّبِيِّ الْمُصْطَفَى حَبِيْبِنَا
وَ آلِهِ وَصَحْبِه وَمَنْ قَرَا #   وَهَاكَ فِى التَّجْوِيْدِ نَظْمًا حُرِّرَا
Tegese: Kabeh puji iku kagungane Gusti Allah kang Maha Agung lan muga-muga tambahi kawelasan serta kaagungan tetepa kanjeng nabi Muhammad SAW. sing pinileh kekasih kita uga lumebera ingatase kaluargane, shahabate, lan kabeh wong kang maca Qur’an kang apik-apik. Ewadene kuwi becik ngajia ilmu Tajwid (Tajweed) nadzoman kang wis dibersiake.

“Segala puji bagi Allah yang Maha Agung dan semoga kemuliaan dan kebesaran tetap tercurah kepada nabi Muhammad SAW kekasih kita, juga para keluarganya, sahabatnya, serta semua orang yang membaca al-Qur’an dengan baik. Dan di dalam ilmu Tajwid (Tajweed) ini terdapat nadzoman yang sudah diselaraskan”
سَمَيْتُهُ هِدَايَةَ الصِّبْيَانِ   #  أَرْجُو إِلهِى غَايَةَ الرِّضْوَانِ
Tegese: Nadzoman iki tak jenengi “Hidayatasshibyan” maknane nuduhake ing bocah-bocah. Olihku ngarang kanti ngarep-ngarep banget ing katoe ridhone Gusti Allah.

“Nadzoman ini dinamakan ‘Hidayatusshibyan’ sebagai pedoman untuk anak-anak. Dan mengharapkan sekali keridhoan Allah.”
بَابُ أَحْكَامِ التَّنْوِيْنِ وَالنُّوْنِ السَّاكِنَةِ
Kang aran tanwin iku nun mati kang manggon ana ing akhire isim kang katon nalika diucapake lan ilang nalika ditulis lan nalika pinuju wakof, kaya lafadz: سَمِيْعٌ عَلِيْمْ, سَمِيْعًا بَصِيْرَا. Dene nun sakinah iku nun mati kang tetep nalika kaucapake lan nalika katulis lan nalika wakof, pada uga manggon ana ing huruf, kaya lafadz: عَنْ, utawa ing isim kaya lafadz: أَنْهَارْ, utawa ing fi’il kaya lafadz: صُنْ.

“Yang namanya tanwin adalah nun mati yang terletak di akhir isim yang terlihat ketika diucapkan dan hilang ketika ditulis dan ketika waqof, seperti lafadz: سَمِيْعٌ عَلِيمْ, سَمِيْعًا بَصِيْرَا. Sedangkan nun sakinah ialah nun mati yang tetap ketika diucap dan ditulis dan ketika waqof, sama juga terdapat pada huruf, seperti lafadz: عَنْ; atau pada isim, seperti lafadz: أَنْهَارْ; atau pada fi’il, seperti lafadz: صُنْ.”
أَحْكَامُ تَنْوِيْنٍ وَنُوْنٍ تَسْكُنُ   #  عِنْدَ الْهِجَاءِ خَمْسَةٌ تُبَيَّنُ
Tegese: Hukum-hukume tanwin lan nun mati nalika ketemu salah sijine huruf Hijaiyyah wolulikur iya iku: hamzah ((أ, ba(ب) , ta(ت) , tsa(ث) , jim(ج) , ha(ح) , kha(خ) , dal(د) , dzal(ذ) , ra(ر) , za(ز) , sin(س) , syin(ش) , shad(ص) , dhadh(ض) , tha(ط) , zho(ظ) , ‘ain(ع) , ghain(غ) , fa(ف) , qaf(ق) , kaf(ك) , lam(ل) , mim(م) , nun(ن) , wawu(و) , ha(هـ) , ya(ي) . Iku ana lima sing bakal katerangake kabeh ing ngisor iki – Insya Allah.

“Hukum-hukum tanwin dan nun mati ketika bertemu dengan salah satu huruf Hijaiyyah yang duapuluh delapan, yaitu: hamzah ((أ, ba(ب) , ta(ت) , tsa(ث) , jim(ج) , ha(ح) , kha(خ) , dal(د) , dzal(ذ) , ra(ر) , za(ز) , sin(س) , syin(ش) , shad(ص) , dhadh(ض) , tha(ط) , zho(ظ) , ‘ain(ع) , ghain(غ) , fa(ف) , qaf(ق) , kaf(ك) , lam(ل) , mim(م) , nun(ن) , wawu(و) , ha(هـ) , ya(ي) . itu ada lima yang akan diterangkan di bawah ini – insya Allah.”
إِظْهَارُ إِدْغَامٌ مَعَ الْغُنَّةِ أَوْ   #   بِغَيْرِهَا وَالْقَلْبَ وَالْإِخْفَا رَوَوْا
Tegese: Rupane lima mau ya iku: 1. Izhhar إِظْهَارْ (ngetoake saban-saban huruf sangka makhraje tanpa brengengeng), 2. Idgham ma’al ghunnah إِدْغَامْ مَعَ الْغُنَّهْ (manjingake huruf awal maring huruf kaping pindo sakira dadi huruf siji kang ditasydidi sarana brengengeng), 3. Idgham bighairil ghunnah إِدْغَامْ بِغَيْرِ الْغُنَّهْ (idgham tanpa brengengeng), 4. Iqlab إِقْلَابْ (angganti tanwin lan nun mati ing mim), 5. Ikhfa إِخْفَاءْ (nyamarake wacan antarane Izhhar lan Idgham tanpa tasydid sarana brengengeng).
Ket: Ghunnah (brengengeng) ya iku suara ina kang metu sangka janur irung.

“Macam-macam hukum lima tersebut, yaitu: 1. Izhhar إِظْهَارْ (mengeluarkan/menyuarakan tiap-tiap huruf yang makhrajnya dengan tanpa berdengung), 2. Idgham ma’al ghunnah إِدْغَامْ مَعَ الْغُنَّهْ (memasukkan huruf awal pada huruf kedua agar menjadi satu suara yang seolah bertasydid dengan berdengung), 3. Idgham bighairil ghunnah إِدْغَامْ بِغَيْرِ الْغُنَّهْ (Idgham dengan tanpa berdengung), 4. Iqlab إِقْلَابْ (mengganti tanwin dan nun mati pada bunyi mim), 5. Ikhfa إِخْفَاءْ (menyamarkan bacaan antara Izhhar dan Idgham tanpa tasydid dengan cara berdengung).
Ket: Ghunnah (berdengung) yaitu suara yang keluar dari hidung.


http://islamizona.blogspot.co.id/

Belum ada Komentar untuk "Kitab Syifaul Jinan (Hidayatusshibyan) - Pendahuluan "

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai pendapat Anda...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel