Bangga Menjadi Operator Sekolah

assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Sebelum aku bercerita kenapa bangga menjadi ops alahkah terlebih dahulu kita tahu apa itu OPS. OPS adalah sebuah singkatan Operator Sekolah. Tapi aneh juga ya OPS adalah singkatan atau akronim, hehe,, gak sesuai dengan pelajaran bahasa indonesia. Karena akronim dan singkatan itu berbeda. Tapi disini kita tidak akan membahas soal pelajaran bahasa indonesia. Intinya kita sudah tahu ops itu istilah operator sekolah.

OPS sebagai profesi.
OPS muncul sepertinya akubat dari munculnya aplikasi pendataan dapodikdas. Awal-awal dapodikdas muncul masih banyak sekolah-sekolah yang belum memahami apa itu dapodikdas dan bagaimana mengerjakannya. Hal ini dikarenakan kurangnya sosialisasi dan belum maksimal fungsi sosialisasi. Tapi saya pikir dapodikdas ini juga pintar, pengembang sudah membuatkan grup di facebook tentang info pendataan ini. Dengan grup ini tidak dibatasi apapun seorang yang mengerjakan dapodikdas dengan pengembang bisa berkomunikasi tentang teknis maupun mekanisme dapodikdas. Melalui grup ini juga sesama anggota grup bisa saling bertukar pengalaman dan informasi. Setelah beberapa waktu grup ini menjadi banyak anggotanya sehingga admin membatasi kiriman dari anggota. Karena banyak anggota yang memposting hal2 yang sifatnya spam, dll. Karena ini lah beberapa orang kreatif membentuk grup sendiri yang menamakan dirinya operator sekolah.
OPS dalam perkembangnya juga melakukan pendataan2 yang bersifat penting dimana pendaataan ini bersentuhan dengan komputer. Dimana pada tenaga pendidik di sekolah belum seluruhnya familiar dengan komputer, kepala sekolah menunjuk salah seorang guru sebagai operator sekolah (OPS).  Kalau di smp karena ada tenaga khusus TU maka sebutan OPS bisa diberikan kepadanya. Saya sendiri mungkin juga bisa disebut OPS karena saya mengerjakan dapodik.
Bangga dengan profesi ops
Kata orang-orang kalau kita sudah bangga akan profesi kita, maka tugas-tugas kita akan terasa tidak berat. Maka untuk itu saya harus bangga sebagai ops. Pun saya bukan sarjana apalagi sarjana laptop, eh maksudnya sarjana komputer. Saya merasa bisa melakukan tugas ops dengan baik, harus itu,, memotivasi diri sendiri. Meskipun saya juga gak tahu bagaimana saya selanjutnya yang hanya lulusan sma bekerja sebaga ops di sebuah sekolah dasar. Tapi semoga saya diberikan yang terbaik oleh Allah SWT dan selalu bersyukur akan nikmatnya. Saya akan melakukan yang terbaik yang saya bisa. Dan semoga pekerjaan saya juga dihitung sebagai amal ibadah dan menjadi barokah. Amin
Sekian, terimakasih telah membaca tulisan ini,

Wassalamualaikum wr. wb

1 Komentar untuk "Bangga Menjadi Operator Sekolah"

  1. Sayang nya Pekerjaan yg dilakukan oleh OPS, yg pekerjaan nya cukup berat, apalagi berkaitan dgn tunjangan sertifikasi, tapi penghasilan tdk sesuai dgn Homor yg di dapat. Apa tdk ada solusi dari pihak berwenang utk memberikan motivasi pada OPS ?

    BalasHapus
Silahkan berkomentar sesuai pendapat Anda...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel