Contoh Soal Analogi

Analogi sendiri menurut wikipedia adalah “Analogi dalam ilmu bahasa adalah persamaan antar bentuk yang menjadi dasar terjadinya bentuk-bentuk yang lain. Analogi merupakan salah satu proses morfologi dimana dalam analogi, pembentukan kata baru dari kata yang telah ada. Contohnya pada kata dewa-dewi, putra-putri, pemuda-pemudi, dan karyawan-karyawati.”


Soal Analogi

Petunjuk :
Soal nomor 1 sampai dengan nomor 10 dibawah ini adalah jenis soal yang meminta jawaban analogi dalam bentuk pasangan kata yang mempunyai kesamaan hubungan dengan soal yang diberikan. Oleh karena itu pilihlah jawaban yang mempunyai analogi / perbandingan yang sesuai dengan perbandingan yang terdapat dalam soal.

1. Mobil : bensin
a. pelari : istirahat           b. pelari : makanan
c. pelari : sepatu              d. pelari : lintasan
e. pelari : kaos

2. Panther : Tiger
a. kuda : burung          b. kuda : zebra
c. kuda : gajah              d. kuda : macan
e. kuda : kambing

3. Penyakit : Patologi
a. cuaca : iklim                          b. angin : arah angin
c. suhu : thermometer          d. cuaca : meteorologi
e. dokter : stetoskop

4. Penulis : Komputer
a. penyanyi : kaset                b. nelayan : Ikan
c. pemburu : senapan          d. guru : murid
e. burung : kicau

5. Medan : Deli Serdang
a. Gorontalo : Toraja                   b. Sumatera Barat : Padang
c. Jawa Tengah : Kudus              d. Jawa Barat : Bandung
e. Semarang : Kudus


6. Deseminasi : Hasil penelitian
a. sosialisasi : program               b. publikasi : program
c. penelitian : buku                       d. proyeksi : angka
e. percetakan : buku


Diseminasi adalah suatu kegiatan yang ditujukan kepada kelompok target atau individu agar mereka memperoleh informasi, timbul kesadaran, menerima, dan akhirnya memanfaatkan informasi tersebut. Faktor utama yang dapat mendukung perkembangan suatu kegiatan/praktik dalam suatu keilmuan tertentu adalah didasarkan dan memanfaatkan hasil-hasil penelitian. Jennet dan Premkumar (1996), mengatakan bahwa setiap riset yang telah dilakukan perlu dipublikasikan dan didiseminasikan. Hasil penelitian akan memperkuat atau mengesampingkan asumsi-asumsi yang telah ada sebelumnya dengan informasi yang lebih ilmiah. Manfaat yang paling penting bahwa hasil penelitian tersebut dapat dimanfaatkan sebagai dasar pengambilan keputusan dalam bidang/praktik tertentu (Dobbins, Ciliska,& Dicenso, 1998). Budaya melakukan penelitian dalam bidang/praktik tertentu akan menghapuskan stagnansi perkembangan ilmu tersebut serta munculnya berbagai inovasi ilmiah yang akan membantu mencapai tujuan keilmuan lebih efisien dan efektif.

Source:

Elaborasi serius dari pendapat pakar: Jennet dan Premkumar (1996), serta Dobbins, Ciliska,& Dicenso (1998)\
7. Vitamen E : Anti oksidan
a. rambut : sampo                 b. jaket : hangat
c. siswa : seragam                 d. sayur : garam
e. buku : pengetahuan

8. Flash disk : Data
a. dompet : uang b. komputer : disket
c. waktu : arloji d. rokok : asbak
e. pulpen : buku

9. Ramalan : Astrologi
a. budaya : antropologi                        b. budaya : psikologi
c. masyarakat : gerontologi               d. bintang : arkeologi
e. suhu : thermometer

Antropologi adalah salah satu cabang ilmu sosial yang mempelajari tentang budaya masyarakat suatu etnis tertentu. Antropologi lahir atau muncul berawal dari ketertarikan orang-orang Eropa yang melihat ciri-ciri fisik, adat istiadat, budaya yang berbeda dari apa yang dikenal di Eropa.
Antropologi lebih memusatkan pada penduduk yang merupakan masyarakat tunggal, tunggal dalam arti kesatuan masyarakat yang tinggal daerah yang sama, antropologi mirip seperti sosiologi tetapi pada sosiologi lebih menitik beratkan pada masyarakat dan kehidupan sosialnya.
Antropologi berasal dari kata Yunani άνθρωπος (baca: anthropos) yang berarti "manusia" atau "orang", dan logos yang berarti "wacana" (dalam pengertian "bernalar", "berakal"). Antropologi mempelajari manusia sebagai makhluk biologis sekaligus makhluk sosial.
Antropologi memiliki dua sisi holistik dimana meneliti manusia pada tiap waktu dan tiap dimensi kemanusiaannya. Arus utama inilah yang secara tradisional memisahkan Antropologi dari disiplin ilmu kemanusiaan lainnya yang menekankan pada perbandingan/perbedaan budaya antar manusia. Walaupun begitu sisi ini banyak diperdebatkan dan menjadi kontroversi sehingga metode Antropologi sekarang seringkali dilakukan pada pemusatan penelitian pada penduduk yang merupakan masyarakat tunggal
Gerontologi adalah studi tentang perubahan pikiran dan tubuh yang terjadi selama proses penuaan dan masalah serta tantangan yang terkait.
Bandingkan gerontologi dengan bidang terkait, geriatri, yang berkaitan dengan studi tentang gangguan yang terjadi pada usia tua dan perawatannya.
Para peneliti di gerontologi umumnya menyelidiki aspek perubahan tubuh pada tahap penuaan lanjut (sekitar pasca-60, meskipun tidak ada titik tolak yang secara formal didefinisikan usia berlakunya gerontologi).Studi gerontologi mencakup beberapa bidang medis dan sosiologis

Arkeologi, berasal dari bahasa Yunani, archaeo yang berarti "kuna" dan logos, "ilmu". Nama alternatif arkeologi adalah ilmu sejarah kebudayaan material. Arkeologi adalah ilmu yang mempelajari kebudayaan (manusia) masa lalu melalui kajian sistematis atas data bendawi yang ditinggalkan. Kajian sistematis meliputi penemuan, dokumentasi, analisis, dan interpretasi data berupa artefak (budaya bendawi, seperti kapak batu dan bangunan candi) dan ekofak (benda lingkungan, seperti batuan, rupa muka bumi, dan fosil) maupun fitur (artefaktual yang tidak dapat dilepaskan dari tempatnya (situs arkeologi). Teknik penelitian yang khas adalah penggalian (ekskavasi) arkeologis, meskipun survei juga mendapatkan porsi yang cukup besar.

10. Sayur : Pasar
a. buah : kebun                            b. kue : piring
c. komputer : kantor                 d. pisau : dapur
e. saham : bursa

Saham adalah satuan nilai atau pembukuan dalam berbagai instrumen finansial yang mengacu pada bagian kepemilikan sebuah perusahaan. [1] Dengan menerbitkan saham, memungkinkan perusahaan-perusahaan yang membutuhkan pendanaan jangka panjang untuk 'menjual' kepentingan dalam bisnis - saham (efek ekuitas) - dengan imbalan uang tunai.[2] Ini adalah metode utama untuk meningkatkan modal bisnis selain menerbitkan obligasi.[2] Saham dijual melalui pasar primer (primary market) atau pasar sekunder (secondary market).[3]

Bursa efek atau bursa saham adalah sebuah pasar yang berhubungan dengan pembelian dan penjualan efek perusahaan yang sudah terdaftar di bursa itu. Bursa efek tersebut, bersama-sama dengan pasar uang merupakan sumber utama permodalan eksternal bagi perusahaan dan pemerintah. Biasanya terdapat suatu lokasi pusat, setidaknya untuk catatan, namun perdagangan kini semakin sedikit dikaitkan dengan tempat seperti itu, karena bursa saham modern kini adalah jaringan elektronik, yang memberikan keuntungan dari segi kecepatan dan biaya transaksi. Karena pihak pihak yang bertransaksi tidak perlu saling tahu lawan transaksinya, perdagangan dalam bursa hanya dapat dilakukan oleh seorang anggota, sang pialang saham. Permintaan dan penawaran dalam pasar-pasar saham didukung faktor-faktor yang, seperti halnya dalam setiap pasar bebas, memengaruhi harga saham 



Kunci Jawaban Soal Analogi 2013

1.B
 2.B
 3.D
 4.C
 5 E
6.E
7.B
 8.A
9.A
10.E

Sumber: http://soaltescpns.info/soal-cpns-analogi-2013-terbaru/

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Analogi"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai pendapat Anda...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel